Peringatan HPSN Tahun 2023

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Lingkungan hidup memperingati Hari Pungut Sampah nasional (HPSN) Tahun 2023. Kegiatan dipusatkan di Desa Sidokerto, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, dihadiri Bupati Ngawi, Forpincam Kendal, Camat se – Kabupten Ngawi, Kepala OPD dan masyarakat Desa Sidorejo.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 21 Februari 2023 ini juga dibarengi lounching Relawan Kendal Ngawi (REKAN) yang aktif di bidang lingkungan hidup.

Peringatan Hari Peduli sampah nasional (HPSN) diharapkan menjadi momentum untuk lebih memperbaiki pengelolaan sampah dan lebih meningkatkan kepedulian serta komitmen terhadap pengelolaan sampah.

HPSN diperingati untuk mengenang tragedy ledakan di TPA Leuwigajah semoga tidak terulang lagi.

Tujuan dari peringatan HPSN diantaranya memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah, memperkuat partisipasi publik dalam upaya mencapai zero emisi melalui gerakan memilah sampah , memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (GREEN BUSINESS).

Dalam sambutannya Bapak Bupati menekankan tentang pentingnya pengelolaan sampah melalui prinsip 3R (Reduse, Reuse, dan Recyle) yang artinya mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang.

“Untuk keterlibatan pengelolaan sampah perlu kita tingkatkan karena keberhasilan upaya pengelolaannya memerlukan kolaborasi program baik pusat, daerah, dunia usaha, masyarakat secara umum, civil society organization (CSO) dan komunitas masyarakat,” terang Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.

Pada kegiatan ini juga dilakukan tabur benih ikan oleh Bupati Ngawi, bersih sampah bersama, pemberian piagam penghargaan, kepada pokmas dan desa berperistasi,
aksi pungut sampah dan
Penanaman bibit.